Rabu, 30 Desember 2009

- SERVER -

Diposting oleh I Love My Life di 17.38
SERVER

Komputer yang bertugas sebagai pelayan jaringan. Server mengatur lalu lintas data dalam sebuah jaringan dan menyediakan resource yang dapat dipakai oleh komputer lain yang terhubung dalam jaringannya. Server merupakan piranti khusus dalam jaringan komputer yang menjadi tempat bagi semua nodes di dalam jaringan untuk bisa melakukan resource sharing. Server melayani semua nodes, jika nodes membutuhkan. Server ada beberapa macam, yaitu: printer server, file server, disk server, dan database server. Server bisa bersifat dedicated, artinya server tidak bisa dipergunakan sebagai nodes untuk komunikasi, ada juga yang bersifat non-dedicated, yaitu selain berfungsi sebagai server juga dapat dipergunakan sebagai titik masuk untuk berkomunikasi di dalam jaringan. Cara seperti ini populer dengan istilah client-server.



Print Server



Suatu server cetakan, atau server pencetak, adalah suatu komputer atau alat yang dihubungkan untuk satu atau lebih pencetak dan ke komputer klien atas suatu jaringan, dan dapat menerima pekerjaan cetakan dari komputer dan mengirimkan pekerjaan itu kepada pencetak yang sesuai.



Istilah ini bisa mengacu pada:

1. Host computer dengan satu atau lebih shared printer.

2. Suatu komputer yang implements dengan printing protokol seperti baris Pencetak Daemon Protokol Atau Microsoft Jaringan Yang mencetak protokol.

3. Suatu alat ditujukan yang menghubungkan satu atau lebih pencetak kepada suatu jaringan area lokal ( LAN). [Itu] secara khas mempunyai LAN tunggal connector, seperti suatu RJ-45 stop kontak, dan satu atau lebih pelabuhan phisik ( e.g. serial, paralel atau USB ( Serial Universal Bus)) untuk menyediakan koneksi ke pencetak. Pada pokoknya alat ini ditujukan untuk menyediakan “printing protocol convertion” dari apa yang dikirim oleh komputer klien ke apa yang akan diterima oleh pencetak [itu]. Dedicated print server devices bisa mendukung berbagai protokol pencetakan yang mencakup LPD/LPR (di) atas TCP/IP, Netware, Netbios/Netbeui (di) atas NBF, TCP Pelabuhan 9100 atau Protokol Pencetak mentah (di) atas TCP/IP, DLC atau IPX/SPX.



File Server



suatu komputer yang tergabung dalam network yang mempunyai tujuan utama menyediakan suatu penempatan untuk storage komputer yang bersama mem-file ( seperti dokumen, bunyi file, foto, gambar hidup, gambaran, database, dll.) yang dapat diakses oleh stasiun-kerja yang terhubung dengan jaringan komputer. Istilah server menyoroti peran mesin di (dalam) client-server scheme, di mana klien adalah stasiun-kerja yang menggunakan storage [itu]. Suatu file server pada umumnya tidak melakukan/menyelenggarakan kalkulasi, dan tidak menjalankan program atas nama klien [itu]. Itu dirancang terutama semata untuk memungkinkan perolehan kembali dan storage data yang cepat di mana perhitungan yang berat disajikan oleh workstations.

Jenis File Server:



Suatu file server mungkin (adalah) dipersembahkan atau tidak dipersembahkan (dedicated or un-dedicated). Suatu server dipersembahkan (dedicated) biasanya dirancang terutama untuk penggunaan sebagai file server, dengan stasiun-kerja memasang untuk membaca dan menulis file dan database. Suatu stasiun-kerja boleh berbagi file dengan stasiun-kerja lain pada [atas] jaringan [yang] secara langsung bagaimanapun dengan memasang nya " Server" [Jasa;Layanan] dan kemudian dengan menciptakan “Share”. Proses menciptakan suatu file server yang tidak dipersembahkan ini (un-dedicated file server) yang terutama semata digunakan sebagai suatu stasiun-kerja.



File server boleh juga digolongkan oleh metoda akses: Internet File server sering diakses oleh Protokol Perpindahan File ( FTP) atau oleh HTTP ( tetapi adalah berbeda dari server web, yang [itu] sering menyediakan isi web dinamis sebagai tambahan terhadap file statis). Server pada [atas] suatu LAN pada umumnya diakses oleh SMB/CIFS protokol ( Windows dan Unix-Like) atau NFS protokol ( Sistem Unix-like). Server Database, yang [itu] menyediakan akses [bagi/kepada] suatu database bersama via suatu pengarah alat database, tidaklah digolongkan [ketika;seperti] file server. Kebanyakan file server secara serempak mencetak server juga, [seperti/ketika] mereka menyediakan akses ke pencetak via jaringan. File Server tunggal mungkin (adalah) dapat diakses oleh berbagai [alat/ makna]: mungkin menjalankan FTP server, suatu SMB server, dll., melayani file yang sama.





Disk Server



Disk drive atau Server dengan disk drive tersedia untuk suatu atau sedikit para pemakai atau anggota suatu kelompok yang terpilih. Suatu disk server dapat mengijinkan para pemakai tertentu untuk mempunyai akses ke data spesifik atau bisa menyimpan atau memelihara data pada [atas] server [itu].





Database Server



Suatu server database adalah suatu program komputer yang menyediakan jasa database [bagi/kepada] program lain komputer atau komputer, [seperti/ketika] digambarkan oleh [itu] client-server model. Dapat diartikan pula suatu komputer yang ditujukan untuk menjalankan program seperti itu. Sistem Database management yang sering menyediakan kemampuan server database, dan beberapa DBMSS ( e.g., MySQL) mempercayakan secara eksklusif pada [atas] client-server model untuk database access.



Server seperti itu diakses yang manapun melalui suatu " awal dan akhir" berjalan pada [atas] komputer user yang diminta untuk menampilkan data atau back end yang berjalan pada [atas] server dan menghandle tugas seperti analisa data dan storage



Di (dalam) suatu master-slave model, database master servers adalah pusat penempatan data, sedangkan slave server database disamakan dengan backups database master servers yang bertindak sebagai wakil.

Kelompok 7 :

Imam Mahmudi (1109100010)

Stevani Gitasari (1109100019)

Yuni Nur H. (1109100029)

Henny Dwi B. (1109100038)

0 komentar:

Posting Komentar

 

I Love My Life Copyright © 2010 Designed by Ipietoon Blogger Template Sponsored by Emocutez