Rabu, 30 Desember 2009

- Kebutuhan Individu yang Membutuhkan Layanan TIK dalam Kehidupan Pribadi -

Diposting oleh I Love My Life di 17.53
PTIK


Pengantar Teknologi Informasi dan Komunikasi

DISKUSI

“ Kebutuhan Individu yang Membutuhkan Layanan TIK dalam Kehidupan Pribadi”




Kelompok 4 :

Moderator : Reza Putra J. (5209100037)

Benediktus Kukuh (5209100028)

Zatalini Novelia M. (5209100154)

Ainun Dita Febrianti (3609100019)

Jonathan Ivander (1509100001)

Citra Fitrie R. (1509100065)

Choirul Musfiqin A.G. (1109100001)

Stevani Gitasari K.P. (1109100019)



Institut Teknologi Sepuluh Nopember

SURABAYA







TOPIK : Aplikasi Teknologi Informasi di Kampus ITS.

JUDUL : Kebutuhan Individu yang Membutuhkan Layanan TIK serta Sistemnya.



Sebelum memulai diskusi dengan judul tersebut, kita harus memahami benar apa itu TIK?. Information Technology in the National Curriculum, England and Wales, 1995

“Information technology (IT) capability is characterized by an ability to use effectively IT tools an information source to analyse, process an present information, and to model, measure an control external events.



This Involve :



• Using information sourcxes and IT tools to solve problems



• Using it tools and information source, sich as computer systems and software packages, to support learning in variety contexts;



• Understanding the implication of IT for working life and society.

Pupils should be given opportunities, where appropriate, to develop and apply their IT capability in their study of National Curriculum subjects.”



Dari penjelasan di atas : nampaknya terdapat acuan kemampuan TIK yang hendak dicapai dan system nilai dalam bekerja pada kehidupan sehari-hari yang hendak dibelajarkan, seperti nilai apa yang perlu dikembangkan dalam suatu system social masyarakat berkenaan dengan kemampuan menggunakan TIK

Sedangkan Menurut Puskur Diknas Indonesia



a. Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) mencakup dua aspek, yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi.



i. Teknologi Informasi adalah meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi.

ii. Teknologi Komunikasi adalah segala hal yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya.



b. Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi adalah suatu padanan yang tidak terpisahkan yang mengandung pengertian luas tentang segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, dan transfer/pemindahan informasi antar media

Pendapat - pendapat diatas digunakan sebagai dasar pengambilan solusi dari permasalahan dalam diskusi ini. Dimana lambat laun perkembangan jaman menuntut manusia untuk selalu menciptakan inovasi di bidang apapun. Teknologi Informasi dan Komunikasi mengambil peran yang sangat besar dalam pencapaian tersebut. Dengan adanya teknologi informasi dan komunikasi, informasi – informasi berharga bisa didapatkan. Dengan adanya TIK, hampir semua aspek, terutama pendidikan menjadi selangkah lebih maju.

Kebutuhan manusia akan TIK tak terelakkan lagi, disamping itu kebutuhan – kebutuhan manusia yang lain juga harus dipenuhi, oleh karena itu, dalam diskusi kali ini, kami akan mencoba memberikan semacam ide atau gagasan yang mungkin bisa terealisasikan dengan berbasis TIK.

Pada diskusi kali ini, membahas kebutuhan yang sekiranya membutuhkan TIK dalam kehidupan di ITS. Di dalam forum ini kami memberikan beberapa gagasan, yaitu :

- Quiz, UTS, dan UAS ONLINE

Hal ini dilakukan untuk kegiatan belajar mengajar agar lebih efektif, jadi tidak perlu menggunakan kertas lagi. Sistem ataupun metode dari gagasan ini adalah mahasiswa mengerjakan soal – soal dengan menggunakan komputer lewat jaringan LAN dalam 1 ruangan dengan cara memasukkan NRP mereka.



- Food Delivery ONLINE

Food Delivery atau jasa antar makanan untuk wilayah ITS (SCC Online). Dimana mahasiswa harus melakukan deposit terlebih dahulu, sehingga pemesanan bisa dilakukan. Terdapat juga batas minimum pemesanan agar lebih memudahkan.

- Forum Diskusi (Facebook/Twitter)

ITS membutuhkan adanya forum diskusi antar mahasiswa dengan menggunakan web. Seperti FB dan sebagainya. Untuk meningkatkan keakraban antar mahasiswa, baik mahasiswa baru / lama ataupun alumni. (untuk saat ini sudah terdapat web yang dimaksud, www.its-one.com tetapi pada kenyataan masih banyak mahasiswa yang tidak tahu akan adanya forum diskusi tersebut)



- Library ONLINE

Mahasiswa dapat melakukan peminjaman dan pengembalian secara online, sehingga tidak perlu datang ke perpustakaan pusat untuk memminjam buku. Buku – buku yang digunakan tidak dalam bentuk fisik, tetapi elektronik, dalam bentuk pdf yang bisa didownload mahasiswa, file pdf tersebut juga diberi semacam pengamanan / security sehingga apabila mahasiswa tersebut tidak melakukan registrasi pengembalian / perpanjangan peminjaman, maka file tersebut akan musnah dengn sendirinya sesuai dengan tanggal batas pengembalian. File tersebut juga tidak dapat dicetak.



- E-Learning

Pembelajaran tidak menggunakan buku / mencatat di papan, semua kelas yang terdapat di ITS memiliki perangkat komputer dengan jaringan LAN sehingga semua pembelajaran dilakukan dengan menggunakan komputer.



Demikian gagasan – gagasan yang kami dapatkan dari diskusi kami. Semoga bermanfaat dan bisa dijadikan gagasan untuk membuat inovasi, untuk menjadikan ITS menjadi kampus yang sarat akan teknologi dan inovasi.

0 komentar:

Posting Komentar

 

I Love My Life Copyright © 2010 Designed by Ipietoon Blogger Template Sponsored by Emocutez