Rabu, 30 Desember 2009

- First Meeting Resume -

Diposting oleh I Love My Life di 17.14
PTIK


PTIK ( Pengantar Teknologi Informasi dan Komunikasi ) merupakan suatu materi perkuliahan yang harus diikuti para Mahasiswa Baru di ITS. Memang tidak semua jurusan diwajibkan untuk mengikuti mata kuliah PTIK ini. Kelas PTIK ini diikuti oleh empat jurusan di ITS, yaitu : Prodi Sistem Informasi, Prodi Biologi, Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota, serta Jurusan Fisika. Mata Kuliah PTIK ini dimulai pada pukul 07.00 WIB setiap senin di kelas G.402 ( Gedung Jur. Fisika Lt. 4 ). Kelas PTIK ini diajar oleh Bapak Ahmad Affandi.

Pada pertemuan pertama ini, Bapak Affandi melakukan pengenalan serta sejenis quisioner untuk mendata tentang pengetahuan siswa akan teknologi informasi dan komunikasi.

Seperti pada grafik dibawah ini :



Grafik jumlah siswa yang menggunakan desktop dan laptop




















Hal ini membuktikan bahwa mahasiswa di kelas PTIK G. 402 tersebut tidak Gaptek ( gagap teknologi ) karena sebagian besar mahasiswa memiliki media tersebut. Karena 34 dari 40 mahasiswa tersebut mempunyai desktop ataupun laptop.

Bapak Affandi juga melakukan quisioner mengenai operating system yang biasa dipakai, hampir 100% pengguna Dekstop dan Laptop menggunakan OS Windows. Tidak ada mahasiswa yang menggunakan OS Linux, disamping penggunaan Linux yang tidak umum dikalangan masyarakat, pengoperasian Linux juga sedikit berbeda dengan Windows, sehingga kebanyakan orang yang sudah terbiasa menggunakan Windows, agak gagap dalam mengunakan Linux. Padahal sudah dipastikan bahwa Linux lebih aman dalam memproteksi data yang ada daripada Windows yang rentan akan virus / worm.

Disamping quisioner diatas, ada beberapa quisioner yang dilakukan seperti pengetahuan mahasiswa akan software – software dari Microsoft Office, misalnya Ms. Word, Excel, Outlook, Power point, Picture Manager, Access dan Publisher. Dari ketujuh program aplikasi diatas, yang paling mahir dikuasai oleh mahasiswa ialah Ms. Word, Excel, Power Point dan Picture Manager. Sedangkan yang tidak mahir dikuasai oleh seluruh mahasiswa di kelas tersebut ialah Ms. Outlook dan Access. Dan hanya terdapat empat mahasiswa saja yang biasa mengunakan Ms. Publisher.

Pada pertemuan pertama tersebut Bapak Affandi juga memberi informasi tentang software – software yang mungkin kami butuhkan sepert MATLAB dan SCILAB.

QUisioner yang dilakukan selanjutnya ialah mengenai rencana masa depan mahasiswa. Dari seluruh mahasiswa di ruangan tersebut, hany dua orang yang belum tahu bagaimana rencana masa depan mereka dalam 4 tahun kedepan. Sedangkan sisanya sudah tahu kemana mereka akan melanjutkan 4 tahun mendatang, seperti yang ditunjukkan dalam grafik dibawah ini.




Bapak Affandi juga memberikan beberapa nasehat atau gambaran tentang bagaimana perkuliahan selanjutnya, seperti adanya budaya bahwa dosen memberikan nilai kepada mahasiswa dengan rentang 68-75. Sehingga kami, para mahasiswa baru bisa berusaha semaksimal mungkin untuk mendapat nilai / IP yang cukup untuk menwujudkan rencana 4 tahun mendatang yang sudah kita rencanakan.

Demikian rangkuman yang bisa saya ambil dari perkuliahan pertama di MK PTIK yang berlangsung selama 100 menit. Saya mohon maaf apabila ada beberapa data yang kurang valid, dikarenakan terdapat beberapa mahasiswa yang terlambat sehingga cukup susah untuk memastikan jumlahnya.

0 komentar:

Posting Komentar

 

I Love My Life Copyright © 2010 Designed by Ipietoon Blogger Template Sponsored by Emocutez