Selasa, 02 Februari 2010

L O G O T H E R A P Y

Diposting oleh I Love My Life di 12.43
ASAS – ASAS LOGOTHERAPY.

Logoterapi mengemukakan asas – asas yang telah teruji kebenarannya oleh penemunya sendiri dalam ” Laboratorium Hidup” kamp konsentrasi. Ada tiga asas utama Logoterapi, yaitu :

- Pertama, hidup itu tetap memiliki makna( arti ) dalam setiap situasi, bahkan dalam penderitaan dan kepedihan sekalipun. Makna adalah sesuatu yang dirasakan penting, benar, berharga dan didambakan serta memberi nilai khusus bagi seseorang dan layak dijadikan tujuan hidup.

- Kedua, setiap manusia memiliki kebebasan yang hampir tak terbatas untuk menemukan sendiri makna hidupnya. Makna hidup dan sumber – sumbernya dapat ditemukan dalam kehidupan itu sendiri, khususnya pada pekerja dan karya bakti yang dilakukan, serta keyakinan terhadap harapan dan kebenaran penghayatan atas keindahan, iman, dan cinta kasih.

- Ketiga, setiap manusia memiliki kemampuan untuk mengambil sikap terhadap penderitaan dan peristiwa tragis yang tidak dapat dielakan lagi yang menimpa diri sendiri dan lingkungan sekitar, setelah upaya mengatasinya telah dilakukan secara optimaltetap tak berhasil.


Ketiga asas itu tercakup dalam ajaran Logoterapi mengenai eksistensi manusia dan makna hidup sebagai berikut. :

- Dalam setiap keadaan, termasuk dalam penderitaan sekalipun, kehidupan ini selalu mempunyai makna.

- Kehendak untuk hidup bermakna merupakan motivasi utama setiap orang.

- Dalam batas – batas tertentu manusia memiliki kebebasan dan tanggung jawab pribadi untuk memilih, menentukan, dan memenuhi makna dan tujuan hidupnya.

- Hidup yang bermakna diperoleh dengan jalan merealisasikan tiga nilai kehidupan, yaitu nilai – nilai kreatif ( creative valusues), nilai – nilai penghayatan ( experiential values ), dan nilai – nilai bersikap ( attitudinal values ).

Eksistensi manusia menurut Logoterapi ditandai oleh kerohanian ( spirituality ), kebebasan ( freedom ) dan tanggung jawab ( responsibility ). Selain asas – asas dan ajaran tersebut Logoterapi sebagai teori kepribadian dan terapi praktikal memiliki tujuan agar setiap pribadi. :

- Memahami adanya potensi dan sumber daya rohaniah yang secara universal ada pada setiap orang terlepas dari ras, agama, dan keyakinan yang dianut,

- Menyadari bahwa sumber – sumber dan potensi itu sering ditekan, terhambat, dan diabaikan, bahkan terlupakan

- Memanfaatkan daya – daya tersebut untuk bangkit kembali dari penderitaan untuk mampu tegak kokoh menghadapi berbagai kendala, dan secara sadar mengembangkan diri untuk meraih kualitas hidup yang lebih bermakna.



UNTUK INFO SELANJUTNYA BISA GABUNG DI GRUP FB, Association of The Creator's Code Breaker

0 komentar:

Posting Komentar

 

I Love My Life Copyright © 2010 Designed by Ipietoon Blogger Template Sponsored by Emocutez